Cara Membuat Pivot Table dari Beberapa Sheet

Saat membuat pivot table umumnya kita akan menggunakan sebuah sheet yang sudah berisi satu tabel data yang akan di buat pivotnya. Nah, bagaimana jika data yang akan dibuatkan pivot tabelnya terdapat pada beberapa sheet? Apakah ini bisa dilakukan? Bagaimana caranya?. Silahkan simak panduan membuat pivot table dari beberapa sheet berikut ini.

Untuk membuat pivot table yang sumber datanya terdapat pada beberapa sheet dalam sebuah workbook, yang kita perlukan adalah membuat model data dan menentukan hubungan atau relationship antar data. Bagaimana caranya? silahkan perhatikan contoh berikut ini.

contoh pivot table dari beberapa sheet
Contoh pivot table dari beberapa sheet

Panduan membuat pivot table dari beberapa sheet

Pada panduan membuat pivot table dari beberapa sheet ini kita akan menggunakan data sebuah agen pulsa yang terdiri dari tiga sheet, yaitu:

  • Costumer info, yang berisi nomer order, nama pembeli dan kota alamat pembeli.
  • Order info, yang berisi data nomer order, bulan penjualan, produk yang dijual dan jenis produk tersebut.
  • Pembayaran, yang berisi nomer order, jumlah pembayaran, metode pembayaran dan status pembayaran

Lebih jelasnya dapat dilihat pada slide gambar berikut.

membuat pivot table dari beberapa sheet kiatexcel

Setelah diketahui data dari masing-masing sheet yang akan digunakan, langkah-langkah selanjutnya untuk membuat pivot table dari beberapa sheet ini adalah sebagai berikut:

1. Membuat tabel data

Data di atas kemudian akan dibuat menjadi 3 tabel, lengkap dengan namanya. Hal ini untuk mempermudah menentukan relasi antar datanya nanti. Cara membuat data menjadi tabel dengan nama sangat mudah, langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Buka atau klik sheet Customer info kemudian blok data yang dibutuhkan kemudian pilih Insert lalu klik Table atau bisa juga dengan shortcut Alt + N + T.
  • Setelah itu akan muncul dialogbox Create Table yang sudah berisi alamat data yang sudah di blok tadi. Biarkan tanda centang pada bagian My table has header, ini menunjukkan bahwa data tadi memiliki header. Kemudian klik OK
  • Kemudian buka tab Design lalu rubah Table Name disebelah kiri atas menjadi customer info yang akan menjadi nama tabel tersebut.
  • Lakukan hal yang sama untuk ketiga sheet tadi dan berikan nama table sesuai dengan nama sheetnya.

2. Membuat pivot table

Setelah data dari masing-masing sheet sudah dibuat menjadi tabel lengkap dengan namanya maka langkah selanjutnya adalah membuat pivot table. Cara membuatnya mirip dengan membuat pivot table biasa namun ada tambahan pada bagian data model. Caranya dengan mencentang bagian Add this data to the Data Model. Bagian inilah inti dari pembahasan ini, yaitu untuk membuat pivot table dari beberapa sheet.

3. Mengatur relasi antar data

Bagian penting lainnya setelah membuat pivot table dan menentukan data model adalah mengatur relasi antar data atau relationship between sheets. Cara menggunakannya klik PivotTable Tools > Analyze > Relationship maka akan muncul dialogbox Manage Relationship. Disinilah akan diatur relasi antar sheet, berikut langkah membuatnya:

  • Setelah dialogbox Manage Relationship terbuka, pilih New.. untuk membuat relasi baru.
  • Makan akan muncul dialogbox Creat Relationship pada bagian dropdown Tabel pilih pembayaran dan bagian Related Table pilih customer info. Kemudian pada bagian Column dan Related Column isikan dengan nomer order. Dengan begitu maka tabel pembayaran dan tabel customer info akan saling berelasi satu sama lain jika nomer ordernya sama.
  • Selanjutnya membuat relasi antara data tabel pembayaran dengan tabel order info. Caranya sama dengan poin kedua tadi dengan nomer order sebagai kunci relasinya.

relasi antar tabel sheet di pivot table

4. Mengatur pivot table

Setelah relasi antar tabel sudah dibuat maka tinggal membuat pivot table yang diinginkan. Pada contoh ini akan dibuat pivot table yang menunjukkan jumlah penjualan pulsa berdasarkan kota, produk dan bulan pembelian. Caranya tinggal memasukkan beberapa field yang sudah ada kedalam area Filters, Rows, Columns, Values seperti berikut:

  • Filters diisi dengan field status.
  • Rows diisi dengan field kota dan bulan.
  • Columns diisi dengan field produk.
  • Values diisi dengan field Jumlah bayar.

Maka pivot table yang terbentuk dengan pengaturan seperti ini akan tampak seperti pada gambar contoh pivot table dari beberapa sheet di awal tadi.

Cukup mudah bukan bukan. Silahkan dicoba pada komputer Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *