Membuat Histogram di Excel dengan Analysis Toolpak

Histogram merupakan alat analisis data yang cukup banyak digunakan dalam dunia pendidikan, finansial, hingga teknik. Dengan bantuan histogram kita dapat melihat frekuensi kemunculan beberapa variabel yang dikelompokkan dalam selang. Di excel, kita dapat dengan mudah membuat histogram dengan add-ins Analysis Toolpak yang sudah tersedia secara default di aplikasi ini.

Umumnya, pada instalasi standar program excel, add-ins Analysis Toolpak belum diaktifkan. Sehingga langkah pertama sebelum membuat histogram dengan Analysis Toolpak adalah dengan mengaktifkan add-ins ini. Caranya sangat mudah hanya perlu klik beberapa pengaturan saja. Tutorial lengkapnya sudah dibahas pada tulisan berikut: Mengaktifkan Add-Ins Analysis Toolpak.

Setelah Add-ins Analysis ToolPak aktif maka akan muncul toolbar Anlysis pada bagian menu bar Data. Tambahan itu berupa pilihan toolbar Data Analysis yang letaknya di area paling kanan toolbar. Dengan begitu Add-ins statistik ini sudah siap digunakan. Selanjutnya kita akan buat histogram sederhana menggunakan alat ini.

Cara Membuat Histogram Sederhana di Excel

Misalkan seorang guru ingin membuat histogram untuk mengetahui sebaran nilai ujian matematika siswa kelas 10 yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan nilai ujian yang sudah dikumpulkan diperoleh data nilai siswa seperti pada tabel berikut:

Murid Nilai Ujian Matematika
Murid 01 60
Murid 02 65
Murid 03 70
Murid 04 60
Murid 05 45
Murid 06 50
Murid 07 70
Murid 08 65
Murid 09 70
Murid 10 95
Murid 11 75
Murid 12 60
Murid 13 50
Murid 14 55
Murid 15 60

Pada excel nilai ini ditempatkan pada range B2:B16, kemudian nilai ini akan digunakan dalam pembuatan histogram. Guru mata pelajaran matematika kelas 10 tadi ingin membagi nilai siswanya menjadi 8 kelompok, dari nilai dibawah 40, 40 – 50, 50 – 60, 60 – 70, 80 – 90 dan diatas 90. Dengan begitu dibuatlah tabel rentang atau interval pada range D2:D7 seperti berikut:

Interval
40
50
60
70
80
90

Langkah-langkah membuat histogram dengan excel

1. Setelah data nilai ujian matematika dan interval diketahui. Pilih menu bar bagian Data kemudian pilih tool bar Analysis dan klik Data Analysis maka akan muncul box Data Analysis.

2. Pada bagian Analysis Tools pilih Histogram kemudian klik OK maka akan muncul dialog box Histogram.

3. Pada dialog box Histogram isikan bagian Input Range dengan range nilai matematika siswa yaitu pada sel $B$2:$B$16.

4. Isikan juga Bin Range (interval histogram) dengan nilai interval yang sudah ditentukan pada sel $D$2:$D$7.

5. Kemudian pada Output Option centang bagian Output Range dan isikan dengan range atau sel yang diinginkan (jika ingin meletakkan hasil pengolahan histogram pada sheet yang sama). Namun jika ingin meletakkan histogram pada worksheet atau workbook maka centang pada bagian new worksheet atau new workbook.

6. Centang pada bagian Chart Output untuk memunculkan grafik histogram hasil pengolahan data tadi.

Sehingga diperoleh hasil seperti berikut:

cara membuat histogram di excel
Cara membuat histogram di excel

Histogram menggambarkan nilai ujian matematika terpusat pada nilai 60 – 70  dan 70 – 80 dan terdapat satu siswa yang mendapat nilai diatas 90. Bin pada tabel hasil histogram mewakili interval dan frequency menyatakan seberapa sering munculnya nilai pada selang interval tersebut.

Sangat mudah bukan membuat histogram di excel dengan bantuan Analysis ToolPak ini. Silahkan dicoba sendiri di komputer Anda ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *