Cara Menambah dan Menghapus Add Ins di Excel

Software Microsoft Excel dirancang untuk membantu mempercepat penghitungan dan pengolahan data. Namun pada dasarnya masih banyak sekali fungsi dan fitur yang bisa ditambahkan ke dalam software besutan Microsoft ini. Itulah mengapa disediakan fasilitas Add Ins (bisa diartikan sebagai fungsi tambahan) untuk Excel.

Pada tulisan kali ini Saya akan bahas cara menambahkan dan menghapus Add Ins di Excel beserta penjelasan umum serta jenis-jenis Add Ins yang kerap digunakan. Pada pengaturan standar, MS Excel sebenarnya sudah menyertakan beberapa Add Ins, diantaranya Data Analysis Tool Pack serta Solver.

Secara umum Add Ins dibagi dalam 3 jenis:

  1. Add Ins Excel, Add Ins jenis ini sudah tersedia dalam instalasi standar MS Excel sehingga penggunaannya tidak perlu lagi proses instalasi jadi hanya perlu di aktivasi saja. Ekstensinya berupa (.xla) untuk Excel 97-2003 atau (.xlam) untuk versi di atasnya. Data Analysis dan Solver masuk dalam add ins jenis ini.
  2. Download Add Ins, Add Ins jenis ini tersedia dan dapat diunduh di office store.
  3. Custom Add Ins,  Add Ins jenis ini disediakan oleh pengembang aplikasi atau developer. Umumnya tersedia dalam ekstensi COM, VBA atau XLL yang harus diinstal dahulu agar bisa digunakan.

Perlu diingat terlalu banyak Add Ins yang terpasang di Excel akan mempengaruhi kinerja Excel. Bahkan bisa memperlambat pemrosesan data di Excel, terutama untuk data dalam jumlah besar. Untuk itu kita juga perlu tau bagaimana menambah dan menghapus Add Ins di Excel.

Cara Menambahkan Add Ins Excel

  1. Pilih tab File kemudian Option.buka menu file untuk membuka pengaturan Add Ins
  2. Pada bagian Excel Option pilih Add Ins.option untuk pengaturan add ins
  3. Maka akan muncul dialog box manage Microsof Office Add Ins. Pada bagian ini kita dapat mengatur, menambah atau mencopot Add Ins.menambah dan menghapus add ins di excel
  4. Kemudian pilih manage di bagian bawah yang berisi drop down kategori Add Ins. Pada bagian ini ada pilihan Excel Add Ins, COM Add Ins, Action, XML Expansion Pack serta bagian Disabled Items. Pilih bagian yang diinginkan kemudian klik Go.
  5. Misalkan dipilih Excel Add Ins maka akan muncul dialog box Add Ins yang berisi beberapa Add Ins yang sudah ada di dalam instalasi Excel dan siap digunakan seperti Analysis Tool Pack ataupun Solver Add Ins. Centang pada Add Ins untuk mengaktifkan Add Ins tersebut. Biarkan tidak tercentang untuk tidak mengaktifkan Add Ins tersebut kemudian klik OK.menambahkan Add Ins Excel
  6. Pilih Browse pada tombol di kanannya jika ingin memasukkan Add Ins baru yang ada dari dalam folder.

Cara Menghapus Add Ins Excel

Prosesnya mirip dengan cara menambahkan Add Ins, kita hanya perlu membuka bagian manage Add Ins dengan cara:

  1. Klik tab File kemudian Option, kemudian pilih Add Ins.
  2. Pada bagian Manage Add Ins pilih jenis Add Ins yang akan dihapus.
  3. Misalnya dipilih COM Add Ins. Maka akan muncul seluruh COM Add Ins yang sudah terinstal.menghapus com add ins di excel
  4. Untuk menghapus Add Ins ini cukup hilangkan tanda centangnya maka Add Ins tidak akan muncul di Excel.
  5. Dan untuk menghapus Add Ins, centang nama Add Ins kemudian klik Remove. Namun fungsi Remove ini hanya bisa dilakukan oleh Administrator.

Demikianlah cara mudah menambah dan menghapus Add Ins di Excel. Silahkan Anda coba sendiri di komputer Anda ya.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.