Rumus SUMIF Excel dan Contoh Penggunaanya

Pada posting kali ini kita akan bahas Rumus SUMIF, sebelumnya sudah kita bahasa mengenai Fungsi IF excel yang mana fungsi ini banyak sekali diterapkan dalam penggunaan excel baik untuk keperluan sederhana maupun kompleks. Nah, rumus SUMIF  ini bisa sebut juga paduan fungsi SUM dan fungsi IF, secara spesifik rumus ini berfungsi menjumlahkan nilai dalam suatu range yang memenuhi kriteria yang kita tentukan.

Rumus Sumif
Rumus SUMIF

Rumus SUMIF

Keterangan Rumus SUMIF:

  • Rentang (Range), merupakan rentang sel yang akan dites menurut kriteria yang ditentukan, harus berupa angka, kode atau referensi yang bernilai angka
  • Kriteria (Criteria), nah kriteria ini bisa berupa angka, ekspresi sel, teks atau fungsi, jangan lupa berikan tanda kutip ganda (“), untuk kriteria bentuk logika atau matematik
  • Sum_Range, bagian ini diisi dengan rentang yang ingin kita jumlahkan nilainya berdasarkan kriteria

Contoh Penggunaan Rumus SUMIF:

data-toko-contoh-rumus-sumif
Data Toko Laris Manis

Perhatikan data pada gambar diatas. Terdapat data penjualan alat tulis kantor dari Toko Laris Manis dari bulan juli sampai september, diketahui jumlah yang terjual dan harga per produknya juga total harga dari setiap produk. Nah yang ingin kita ketahui disini adalah total penjualan dari masing masing jenis barang ini. Untuk itu kita bisa menggunakan SUMIF yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk mengetahui penjualan total dari masing-masing barang:

keterangan:

  • SUMIF : fungsi jumlah berdasarkan kriteria yang kita gunakan
  • $B$4:$B$12  : Rentang yang akan dites (menggunakan referensi “$” untuk mempermudah mengcopy rumus ke sel lain)
  • A15 : Jenis Barang yang akan dicari jumlah penjualannya
  • $E$12 : Rentang yang berisi nilai penjualan dari baris produk (juga menggunakan referensi)

Maka untuk sel B15 diperoleh hasil senilai 600.000 rupiah, untuk total penjualan buku tulis di Toko Laris Manis dari bulan juli sampai September.

Penggunaan Rumus Sumif
Penggunaan Rumus Sumif

Cukup mudah bukan menggunakan rumus sumif ini, pertanyaannya apakah rumus ini bisa digunakan untuk data yang menggunakan lebih dari satu kriteria? jawabannya tidak. Untuk itu kita bisa menggunakan turunan dari rumus ini yaitu Rumus SUMIFS dengan penambahan S dibelakangnya yang menandakan bisa digunakan untuk lebih dari satu kriteria. Rumus ini akan kita bahas pada posting selanjutnya.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *