Contoh Sederhana Fungsi VLOOKUP Excel

Fungsi VLOOKUP adalah salah satu fungsi yang sangat bermanfaat dan sering digunakan untuk mencari nilai data yang terdapat dalam kumpulan beberapa kolom data secara vertikal. Fungsi ini akan menemukan data pada satu atau lebih kolom data yang ditentukan berdasarkan sebuah nilai kunci yang terdapat pada kolom pertama. Mencari nilai ujian siswa merupakan salah satu contoh sederhana fungsi VLOOKUP excel.

Sederhananya, jika terdapat kelompok data yang tersusun secara vertikal dengan kolom pertamanya merupakan nama siwa. Maka kita dapat mencari nilai siwa tersebut pada kolom data di sebelahnya berdasarkan mata pelajaran dengan menggunakan fungsi VLOOKUP. Bentuk umum fungsi ini adalah sebagai berikut:

Bentuk Umum Fungsi VLOOKUP

Penjelasannya:

  • Lookup value: merupakan nilai yang akan dicari pada tabel paling kiri dari tabel data. Nilainya bisa berupa angka, referensi sel, atau teks. Untuk contoh fungsi VLOOKUP untuk mencari nilai ujian siswa lookup value nya biasanya berupa nama siswa di kolom paling pertama.
  • Table array: adalah keseluruhan kolom dan baris data yang akan dicari nilainya. Nilainya bisa berupa angka, referensi sel atau teks termasuk juga kolom lookup value tadi.
  • Column index: nilai ini merupakan nomor kolom tempat dimana nilai akan dicari. Dalam contoh mencari nilai ujian siswa nilai column index merupakan nomor kolom yang mengandung nilai siswa dari mata pelajaran tertentu.
  • [Range lookup]: merupakan nilai untuk menentukan apakah nilai yang dicari berdasarkan nilai yang sama persis atau mendekati. Nilai range lookup bisa berupa TRUE yang berarti pencarian akan dilakukan untuk nilai yang mendekati atau FALSE untuk pencarian nilai yang sama persis. Nilai ini juga dapat diwakili dengan angka 1 sebagai True dan 0 untuk False. Untuk nilai bawaan Ms. Excel nilai range lookupnya akan bernilai TRUE/1. Sehingga jika nilai ini tidak diisi maka sistem akan menganggap yang dipilih adalah TRUE.

Catatan:

  • Untuk range lookup bernilai TRUE atau 1, pastikan nilai pada kolom yang di lookup berurutan (bernilai angka) dari atas kebawah jika tidak hasilnya bisa tidak akurat.

Contoh Sederhana Fungsi VLOOKUP

Misalnya diketahui dalam sebuah kelas sebut saja IPA 2 terdapat 10 orang siswa yang sudah mengikuti ujian beberapa mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, biologi dan bahasa inggris. Nilai dari masing-masing siswa berdasarkan mata pelajaran yang diujikan sudah diberikan, seperti pada gambar berikut ini.

 

contoh sederhana fungsi vlookup mencari nilai siswa kiatexcel
Contoh sederhana fungsi VLOOKUP mencari nilai siswa

Seorang guru ingin mencari nilai matematika seorang siswa yang bernama fani berdasarkan tabel di atas. Sebenarnya keinginan guru ini bisa langsung dijawab dengan melihat nilai Fani pada kolom ke-2 (matematika). Namun untuk data yang banyak hal ini bisa sangat menyulitkan apalagi jika data terdiri dari banyak kolom.

Berdasarkan gambar dapat diketahui bahwa untuk mencari nilai matematika Fani sang guru bisa menggunakan rumus VLOOKUP berikut:

Keterangan:

  • VLOOKUP: fungsi vertikal lookup.
  • A19: merupakan nilai yang dijadikan acuan untuk mencari nilai yang akan dicari pada data. Dalam contoh sederhana ini merupakan nama Fina.
  • A5:F14: merupakan rentang data tempat pencarian dilakukan. Dalam gambar ditandai dengan kotak berwarna merah.
  • 2: merupakan kolom ke dua dari range data dimana nilai akan dicari berdasarkan nilai acuan.
  • 0: merupakan range lookup bernilai 0 atau False berarti nilai yang dicari bernilai sama persis.

Menggunakan rumus VLOOKUP ini dapat diketahui nilai matematika Fani adalah 65.

Fungsi ini juga dapat dikombinasikan untuk mencari nilai siswa berdasarkan namanya sekaligus berdasarkan mata pelajaran atau yang disebut fungsi lookup dua arah atau lookup dua kriteria.

Demikian contoh sederhana fungsi VLOOKUP excel untuk mencari nilai siswa. Sangat mudah bukan, silahkan dicoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *