Contoh Penggunaan Fungsi DAVERAGE pada Excel

Fungsi DAVERAGE merupakan salah satu fungsi database pada excel. Fungsi ini sangat bermanfaat jika kita mengolah data yang terdiri dari beberapa variabel. Dengan fungsi ini kita dapat mencari rata-rata suatu daftar data (biasanya berupa kolom nilai tertentu) dengan kriteria tertentu yang ditentukan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh penggunaan fungsi DAVERAGE pada excel dibawah ini.

Sebelum kita masuk ke contoh ada baiknya kita jabarkan dulu rumus dasar dari fungsi DAVERAGE ini.

Rumus Dasar Fungsi DAVERAGE

Keterangan:

  • Database : merupakan range dari keseluruhan sel dari data yang digunakan. Baris pertama merupakan label data yang menyatakan variabel dari masing-masing kolomnya.
  • Field : menandakan bagian kolom mana yang akan dicari nilai rata-ratanya. Gunakan tanda” ” untuk menentukan nama fieldnya, misalkan “Gaji” berarti yang akan dihitung adalah kolom Gaji. Selain itu juga bisa menggunakan nilai offset kolom dituliskan dengan angka saja tanpa tanda petik, misalnya 4 menandakan kolom ke empat dari database yang digunakan.
  • Kriteria : merupakan range data yang kita gunakan sebagai penentu. Kriteria ini minimal berupa data dari salah satu nama variabel dari database serta satu nilai dalam variabel yang ditentukan itu. Misalnya, untuk variabel Gaji dengan nilai lebih besar dari 1 juta. Namun, bisa bisa juga menggunakan lebih dari satu variabel sebagai kriterianya.

Mari kita lihat contohnya berikut ini.

Contoh Penggunaan Fungsi DAVERAGE pada Excel

contoh penggunaan fungsi daverage pada excel

Misalkan kita seorang pengusaha yang memiliki database karyawan seperti tabel di bawah ini.

Nama Status Jabatan Gaji Kas Bon
Abdul Somad Menikah Staff            3.000.000           100.000
Haikal Single Operasional            2.500.000           200.000
Susanti Single Staff            2.500.000           200.000
Candra Menikah Supervisor            5.000.000        1.000.000
Puri Menikah Operasional            2.500.000           100.000
Catur Single Staff            3.000.000           200.000

Dari data ini kita ingin mengetahui berapa rata-rata kas bon dari karyawan belum menikah yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Untuk itu kita bisa gunakan fungsi DAVERAGE dengan “Kas Bon” sebagai variabel yang akan dicari nilai rata-ratanya serta dengan kriteria untuk karyawan yang single/ belum menikah saja.

Sebelumnya kita akan buatkan dulu tabel tambahan untuk kriterianya seperti berikut ini:

Status
Single

Tabel ini kita letakkan pada range G3 sampai G4, sehingga Sintak fungsi DAVERAGE lengkapnya akan seperti berikut:

Fungsi Keterangan Hasil
=DAVERAGE(A1:E7;”Kas Bon”;G3:G4) Nilai rata-rata kas bon dari karyawan single             200.000

Dari hasil ini kita ketahui bahwa rata-rata kas bon karyawan yang single sebesar 200.000.

Nah, jika kita ingin mengetahui rata-rata kas bon dari karyawan dengan kriteria lebih dari satu, misalnya untuk karyawan yang sudah menikah dan dengan jabatan staff atau supervisor saja. Untuk masalah seperti ini kita akan gunakan cara berikut.

Contoh Penggunaan Fungsi DAVERAGE dengan Kriteria Ganda

Masih menggunakan data karyawan di atas tadi, kita akan cari rate-rata kas bon karyawan dengan kriteria ganda. Kriteria bernilai ganda disini maksudnya adalah untuk kriteria jabatan, karena yang akan dicari nilainya hanya jabatan staff dan jabatan supervisor saja.

Untuk mempermudah dalam dalam mencari kriteria ganda ini, biasakan untuk menambakan tanda = di depannya (jika datanya berupa teks, operator, atau kumpulan rumus). Lebih jelasnya diterangkan tabel berikut:

Yang ditulis dalam rumus Yang tampil pada excel
=”=Staff” =Staff
=”=Supervisor” =Supervisor

Setelah itu, kita buat data kriteria ganda dari variabel jabatan dan status tadi datanya akan seperti berikut:

Status Jabatan
Menikah =Staff
=Supervisor

Data kritera ganda ini akan kita letakkan pada range G6 sampai H8, sehingga rumus DAVERAGE lengkap dan hasilnya akan seperti berikut:

Fungsi Keterangan Hasil
=DAVERAGE(A3:E9;”Kas Bon”;G6:H8) Nilai rata-rata kas bon karyawan sudah menikah dengan jabatan staff dan supervisor          550.000

Jika kita ingin menguji rumus ini apakah sudah sesuai, kita dapat mengeceknya pada database. Diketahui bahwa karyawan yang sudah menikah adalah Abdul Somad, Candra dan Puri, sementara yang jabatannya sebagai staff dan superivisor hanya Abdul Somad dan Candra saja. Kas bon masing-masing karyawan ini 100.000 dan 1.000.000. Sehingga nilai rata-rata kas bon nya adalah 550.000.

Cukup mudah bukan menggunakan fungsi DAVERAGE pada excel ini. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *