Belajar Bahasa Pemrograman R dengan Swirl

Belajar R dengan swirl
Belajar R dengan swirl

Pada postingan sebelumnya kita sudah berkenalan sedikit dengan bahasa pemrograman R. Walaupun hanya beberapa baris kata tulisan itu saya rasa sudah bisa mewakili apa itu bahasa pemrograman R. Pada postingan ini kita akan mengenal lebih dalam bahasa pemrograman R.

Banyak cara digunakan untuk belajar bahasa pemrograman, bisa kursus atau otodidak dengan mencari sendiri materi belajar. Dengan kondisi seperti sekarang dimana internet sudah berada diujung jari kita, belajar bahasa pemrograman terasa lebih mudah karna banyaknya informasi bertebaran internet. Namun, sadar atau tidak cara belajar otodidak dengan membaca informasi yang bertebaran di internet ini punya kelemahan, apa itu? kita belajar secara tidak runut dan materinya tidak tersusun dengan baik.

Jadi bagaimana solusi belajar bahasa pemrograman R yang baik? tentu pilihan utamanya belajar pada ahlinya. Namun ada juga pilihan lain yaitu belajar bahasa pemrograman R dengan Swirl. Apa itu Swirl? swirl merupakan package yang dibuat menggunakan bahasa R yang tujuan utamanya adalah mengenalkan bahasa pemrograman R dan kegunaannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi situs Swirl.

Cara Menggunakan Swirl

  1. Langkah pertama install program R, bisa didownload disini.
  2. Install Aplikasi RStudio, langkah ini sebenarnya opsional karna dengan program R saja sudah bisa menggunakan Swirl, Namun banyak kelebihan pada RStudio dibanding menjalankan swirl pada program R saja.
  3. Pada instalasi program R standar package swirl belum terinstal maka kita harus menginstal package swirl terlebih dahulu, buka program R klik Package pada toolbar kemudian pilih install package(s).. jika anda terhubung internet dan atau install package(s) from local files.. jika package swirl sudah tersimpan di direktori lokal, ditutorial ini kebetulan saya terhubung internet sehingga hanya tinggal memilih CRAN mirror untuk mengunduh file package swirlnya, atau bisa juga dengan menggunakan perintah berikut pada R consol:
  4. Setelah package swirl terinstall, load package ini dari library dengan perintah
  5. Pada RStudio jika package swirl sudah diinstall menjalankan package swirl lebih mudah lagi, hanya tinggal membuka tab packages kemudian centang pada swirl maka package swirl bisa langsung digunakan

    activate swirl
    activate swirl
  6. Di Swirl ada beberapa materi yang bisa dipelajari mulai dari
    • Beginner
      1. R Programming = Berisi dasar-dasar pemrograman R
      2. R Programming E = Sama dengan R Programming, hanya ada sedikit perubahan
      3. Data Analysis = Dasar-dasar statistik dan analisis data
      4. Mathematical Biostatistics Booth Camp =  Berisi t-test dan sampling
      5. Open Intro = Pengantar statistik, visualisasi dan analisis data
    • Intermediate
      1. Regression Models = Regresi menggunakan R
      2. Getting and Cleaning Data = metode-metode data cleansing
    • Advance
      1. Statistical Inference = Berisi konsep dasar peluang, uji hipotesis, selang kepercayaan dan nilai-p

Materi yang cukup lengkap untuk belajar bahasa pemrograman R bukan? nah silahkan mencoba sendiri Swirl di komputer anda ya.

Gunakan kolom komentar di bawah ini jika ada yang ingin ditanyakan.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *