Fungsi Tanda dollar $ Excel dan Shortcutnya

Untuk pemula yang baru belajar excel mungkin belum mengenal tanda dollar “$” excel, mulai dari bagaimana menuliskan tanda ini dalam rumus excel, fungsinya dan apakah ada shortcutnya agar lebih mudah menuliskan tanda $ excel ini. Secara pengertian dan fungsinya tanda $ atau yang disebut absolute reference, fungsinya sederhana tetapi sangat membantu, tanda $ excel ini digunakan untuk menentukan apakah referensi sebuah rumus dalam sel yang di copy dari sel lain itu berubah atau tidak. Atau sederhananya untuk membuat rumus sel berubah atau tetap mengikuti rumus sel yang di copy sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya akan kita bedah dulu apa itu referensi sel:

Referensi Sel, secara sederhana dapat di artikan alamat sel itu sendiri, atau alamat sel yang akan digunakan dalam sebuah formula atau rumus excel.

Contohnya jika kita membuat formula dalam sel B1 yang mereferensikan sel A1, maka setiap nilai di A1 akan di tampilkan juga di B1, untuk rumus sederhana ini tanpa menggunakan tanda $ pun tentu bisa dilakukan. Namun jika kita ingin memindahkan atau mengcopy sel tersebut tentu akan berubah nilainya maka dari itu kita bisa menggunakan tanda $ agar nilainya tetap meskipun dicopy ke sel lain.

Tanda $ excel ini secara sederhana membuat alamat sel yang diberi tanda $ di bagian depannya untuk tidak berubah saat di pindahkan atau di copy ke sel lain. dan untuk mempermudah memberikan tanda dollar ‘$’ pada alamat sel kita bisa menggunakan shortcut F4 ,  seperti contoh pada gambar berikut

tanda-dollar-excel
fungsi-tanda-dollar-excel

Dengan menekan F4 maka A4 akan berubah menjadi $A$4 maka jika sel ini dicopy tidak akan merubah referensi selnya, jika F4 diklik lagi maka A4 akan berubah menjadi A$4 yang berarti hanya nilai baris ke-4 yang tidak berubah, demikian juga dengan $A4 maka hanya nilai kolom A tidak berubah.

 

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *