Cara Menambahkan Rupiah di Excel Secara Otomatis

Dengan bantuan Excel banyak sekali pekerjaan kantor yang bisa dipercepat dan bahkan diotomatisasi. Bagian yang paling sering memerlukan bantuan Excel umumnya adalah bagian keuangan. Salah satu manfaat sederhana dari Excel di bagian keuangan adalah menambahkan simbol Rp atau rupiah ke dalam sel perhitungan. Nah, bagaimana cara menambahkan rupiah di Excel secara otomatis? akan dibahas pada artikel ini.

Pada pengaturan Excel standar, umumnya untuk penulisan angka mata uang (currency) maka akan menggunakan simbol dollar $. Untuk merubahnya jadi simbol rupiah (Rp) diperlukan beberapa pengaturan sederhana. Langkah-langkah membuat simbol rupiah muncul pada angka adalah sebagai berikut.

Cara menambahkan rupiah di excel (Rp) secara otomatis

Untuk lebih jelasnya saya akan gunakan contoh laporan keuangan yang didalamnya terdapat angka yang harus ditambahkan rupiah seperti terlihat pada gambar berikut ini. Pada gambar ini simbol rupiah ditambahkan menggunakan opsi accounting sehingga simbol Rp rata kiri di dalam sel.

cara menambahkan rupiah di excel

Menambahkan simbol rupiah di Excel bisa menggunakan beberapa cara. Pertama menggunakan opsi currency atau accounting pada setting number dan yang kedua bisa menggunakan custom number setting yang juga ada di bagian pengaturan number.

Menambahkan rupiah ke Excel dengan opsi Currency atau Accounting

Cara ini menggunakan pengaturan yang sudah tersedia secara default di Excel kita hanya perlu mengaktifkan simbol Rp atau IDR di setting currency atau accouting pada bagian Format Cell. Langkahnya sebagai berikut:

menambahkan rupiah di excel dengan opsi currency dan accounting

  1. Klik pada sel yang berisi angka yang akan ditambahkan simbol rupiah.
  2. Klik panah bawah pada bagian tab Home di kolom Number maka akan muncul popup boks Format Cells. Atau bisa juga dengan klik kanan pada sel tadi kemudian pilih Format Cells.
  3. Pada bagian Number di box Category pilih bagian Currency.
  4. Kemudian ubah Decimal places ke 0.
  5. Pada bagian Symbol  klik dan scrol ke bawah sampai pada bagian Rp Indonesian yang terletak diantara RM Malay (Malaysia) dan Rs Punjabi (Pakistan).
  6. Klik OK maka angka akan otomatis ditambahkan simbol Rp satu spasi di depan angka.

Untuk opsi Accounting hampir sama dengan cara di atas hanya berbeda pada no 3 dimana yang dipilih adalah bagian Accounting. Untuk langkah selanjutnya sama dengan cara di atas.

Namun hasilnya akan sedikit berbeda, menggunakan opsi currency akan menambahkan Rp tepat di depan angka satu spasi sementara menggunakan opsi Accounting hasilnya akan membuat simbol Rp berada di sebelah kiri sel  atau rata kiri sel dan angkanya berada di kanan/rata kanan sel.

Menambahkan rupiah ke Excel dengan custom number setting

Cara menambahkan rupiah di excel selanjutnya bisa menggunakan custom number setting. Dengan cara ini pengaturannya akan terlihat lebih rumit karena harus menambahkan simbol-simbol yang pada dasarnya cara ini sama saja dengan opsi currency atau accounting.

Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Pilih atau blok sel berisi angka yang akan ditambahkan simbol Rp.
  2. Klik kanan di sel tadi dan pilih Format Cell. Maka akan muncul popup box Format Cells. Atau bisa juga dengan klik panah pada bagian Number di tab Home.
  3. Pilih tab Number kemudian perhatikan barisan pada kolom Category dan pilih bagian Custom.
  4. Pada bagian Type tuliskan kode Rp #.##0, kode ini akan menambahkan simbol rupiah di depan angka yang diwakili oleh tanda #.## dan “0” mewakili jumlah desimal yang akan ditampilkan di belakang angka.
  5. Klik OK. Maka angka akan otomatis ditambahkan rupiah atau simbol Rp.

cara menambah rupiah di excel dengan custom kode

Jika format angka ini ingin juga digunakan di sel lainnya Anda bisa menggunakan Format Painter di Bagian Home dan mengcopykan format ini ke sel lainnya yang membutuhkan.

Cukup mudah bukan cara menambahkan rupiah di Excel. Silahkan di coba di komputer Anda ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.