Cara Kunci Sel Excel dengan Cepat

Cara kunci sel excel dengan cepat sangat dibutuhkan ketika sebuah sel atau range sel excel tidak ingin dirubah lagi. Biasanya sel yang sudah fix tadi tidak sengaja kita rubah saat mengetik atau menghapus sel, atau terkadang orang lain yang tidak sengaja merubahnya.

Mengunci sel merupakan cara yang aman untuk menjaga sel atau sheet agar tidak berubah, meskipun sheet tersebut di move atau dipindahkan ke workbook lain. Perlu diketahui mengunci sel excel tidak dapat dilakukan tanpa lebih dahulu menjalankan dua cara berikut:

  • Kunci sheet: untuk tipe kunci ini hanya menjaga agar sheet tidak dapat dirubah atau diedit isinya. Namun masih bisa dipindahkan ke sheet lain pada workbook yang sama atau workbook pada file lain.
  • Kunci workbook: dengan cara ini berarti seluruh workbook akan terkunci, sehingga setiap sheet di dalamnya juga ikut terkunci. Kita tidak dapat memindahkan, membuat sheet baru atau mengedit sheet yang ada.

Nah, bagaimana jika kita ingin mengunci sebagian sel saja di dalam sebuah sheet, sehingga bagian sheet lain masih bisa kita rubah-rubah. Tentu saja bisa.

Sebenarnya cara ini cukup sederhana, hanya perlu melakukan beberapa langkah dengan benar. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan contoh berikut ini.

Contoh Cara Kunci Sel Excel dengan Cepat

Misalkan ada seorang pemilik toko sedang membuat data karyawan tokonya. Di dalam data ini terdapat nomilan gaji pokok masing-masing karyawannya. Nantinya data ini akan disimpan dan dijadikan acuan.

Karena takut salah merubah nilai ini sementara ia masih ingin mengerjakan sesuatu pada sel lain di dalam sheet data karyawan tersebut. Maka pemilik toko ini akan mengunci range sel yang diperlukan agar nilainya tidak berubah.

Berikut langkah-langkah cepat untuk mengunci sel excel yang dilakukan si pemilik toko:

1. Memastikan sheet tidak terkunci

  • Buka file excel kemudian block seluruh sel pada sheet yang ingin di lock selnya.
  • Kemudian buka dialog box Format Cell dengan klik shortcut:  Ctrl + Shift + F atau Ctrl + 1.
  • Pilih tab Protection kemudian pastikan bagian Locked tidak tercentang. Hal ini untuk memastikan tidak ada sel yang terkunci.
cara kunci sel excel pada format cells
Car kunci sel excel pada format cells

2. Mengunci sel atau range sel yang diinginkan

  • Misalnya untuk contoh ini range sel yang akan dikunci adalah B2 sampai G16. Block range sel ini.
  • Kemudian buka dialog box Format Cell seperti sebelumnya (Ctrl + 1), pilih tab Protection dan centang bagian Lock kemudian klik OK. Dengan begitu range sel tadi sudah dilock, namun masih bisa dirubah karena sel tidak akan bisa terkunci jika sheetnya belum dikunci. Sehingga tahap selanjutnya adalah mengunci sheet.

3. Mengunci sheet

cara kunci sheet excel
Cara kunci sheet excel
  • Buka tab Review kemudian klik tombol Protect Sheet hingga muncul dialog box Protect Sheet?. Langkah ini bisa dipercepat menggunakan shortcut : ALT → R → PS
  • Pada dialog box Protect Sheet masukkan password yang diinginkan (ingat jangan sampai lupa password ini karena akan sulit membukanya).
  • Beri centang pada bagian pretect worksheet and content of locked cells. Hal ini berarti sheet atau sel yang sudah dilock di langkah 2 tadi akan ikut terkunci.
  • Setelah itu akan muncul dialog box confirm password, isikan sesuai password sebelumnya.
  • Langkah mengunci sel excel sudah selesai.

Dengan langkah-langkah ini kita dapat mengunci sel tertentu di dalam sheet namun tidak memengaruhi sel lain yang tidak dikunci. Jadi kita masih bisa bekerja di sel lainnya tanpa takut merubah bagian sel yang sudah dikunci tadi.

Cukup mudah bukan, cara ini akan lebih cepat jika dilakukan menggunakan shortcut yang sudah tersedia di atas. Cara kunci sel excel pasti akan lebih cepat. Silahkan mencoba cara ini di komputer Anda ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *