Begini Cara Gunakan Tanda Centang di Excel

Tanda centang di Excel kerap digunakan untuk menandakan bahwa baris data sudah sesuai atau mewakili item kegiatan yang sudah dilaksanakan. Tanda centang ini biasanya berbentuk simbol ceklis atau simbol kotak yang terdapat ceklis atau disebut juga checkbox.

Tanda ceklis umumnya hanya digunakan sebagai simbol atau huruf saja sementara checkbox selain digunakan sebagai simbol juga dapat dikostumasi untuk tujuan tertentu seperti untuk mengetahui apakah pekerjaan sudah atau belum dilakukan.

cara menggunakan tanda centang

Menggunakan tanda centang dan checkbox

Sebelum menggunakan tanda centang di excel, sebaiknya Anda tau beda tanda centang dengan Checkbox. Keduanya mirip namun berbeda fungsi.

  • Tanda Centang

Simbol centang atau check  ( √ ) atau disebut juga square root adalah karakter yang dapat dimasukkan dalam sel excel dan digunakan sebagai ekpresi benar atau salah, sudah atau belum, atau ekspresi lain yang sejenis. Contohnya pada todo list yang berisi kegiatan yang sudah atau belum dilaksanakan.

  • Checkbox atau kotak centang

Simbol checkbox atau kotak centang bukan hanya sekedar karakter, namun juga berfungsi sebagai kontrol yang dilengkapi pilihan memunculkan centang dalam kotak atau membiarkan kotak tanpa centang dengan mengklik mouse.

Cara menggunakan tanda centang di excel sebagai simbol

Tanda centang paling sering digunakan sebagai simbol yang disisipkan ke dalam sel. Penggunaan tanda centang seperti ini bermanfaat untuk menunjukkan pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan, sebagai simbol mewakili pilihan serta kegunaan lainnya. Berikut langkah cara menggunakannya:

tanda centang excel wingdings 252

  • Buka workspace Excel dan pilih sel yang akan disisipkan tanda centang.
  • Buka Tab Insert, kemudian klik Symbol.
  • Pada bagian Symbols buka dropdown Font kemudian pilih Wingdings.
  • Scrol ke bagian bawah hingga karakter centang ditemukan. Simbol centang ada di karakter nomor 252.
  • Setelah itu pilih Insert dan kemudian klik Close maka tanda centang sudah muncul di sel tadi.

Cara menggunakan checkbox di excel

Seperti dijelaskan di awal, checkbox berbeda dengan tanda centang. Meskipun tampilannya tidak jauh berbeda, checkbox bisa di klik untuk memunculkan tanda centang dalam kotak atau membuat kotak kosong tanpa centang.

Checkbox juga bisa ditambahkan fungsi tertentu seperti fungsi IF untuk memunculkan nilai tertentu. Contohnya seperti dalam laporan kehadiran dimana pegawai dinyatakan masuk kerja atau tidak masuk kerja dengan cara memberi centang pada checkbox.

Checkbox hanya muncul pada tab developer Excel jadi jika Excelmu masih dalam setting standar tab developernya perlu dimunculkan. Caranya seperti berikut:

Mengaktifkan tab Developer

  • Untuk memunculkan tool checkbox, kita harus mengaktifkan menu developer terlebih dahulu. Umumnya menu ini tidak dimunculkan dalam setting standar Excel.
  • Aktifkan menu bar Developer dengan klik menu bar File → Option (saya menggunakan Excel 2013) kemudian pilih Custom Ribbon lalu beri centang pada bagian Developer di bagian Customize the Ribbon dan klik OK.mengaktifkan menu bar developer di excel
  • Setelah menu bar developer aktif pilih menu bar Developer lalu pilih ribbon Controls dan lanjutkan pilih Insert kemudian pilih CheckBox (Form Control) dengan simbol kotak dengan tanda centang ditengahnya. Pada bagian ini ada dua CheckBox dalam bentuk form control atau activeX control yang penggunaannya untuk form dan menjalankan perintahnya menggunakan VBA, pilih yang CheckBox Form Control.

Cara menggunakan checkbox

menggunakan checkbox di excel

  • Setelah menu bar developer aktif pilih menu bar Developer lalu pilih ribbon Controls dan lanjutkan pilih Insert kemudian pilih CheckBox (Form Control) dengan simbol kotak dengan tanda centang ditengahnya. Pada bagian ini ada dua CheckBox dalam bentuk form control atau activeX control yang penggunaannya untuk form dan menjalankan perintahnya menggunakan VBA, pilih yang CheckBox Form Control.
  • Setelah CheckBox dipilih maka kursor akan berubah jadi + , selanjutnya bisa diarahkan pada sel yang akan disisipi CheckBox dan kemudian klik kiri untuk menempatkan Checkbox.
  • Selanjutnya kita dapat merubah setting CheckBox pada Format Control, dengan klik kanan pada checkbox tadi.
  • Pada tampilan format control terdapat nilai Cell Link, ini di isi sel dimana kita akan memunculkan nilai sel berupa TRUE atau FALSE. Nilai inilah nantinya yang bisa dikombinasikan dengan fungsi IF untuk memunculkan nilai penjelas seperti, hadir atau tidak hadir, masuk atau absen dan lain sebagainya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.