Cara Copy Rumus di Excel dengan Cepat

Sebagai sebuah tools, excel dirancang untuk mempercepat kerja kita dalam memasukkan data, mengolahnya dan kemudian menyajikannya. Beberapa cara di excel dapat membuat kita benar-benar menghemat waktu. Salah satu yang mendasar adalah soal copy rumus. Lalu, bagaimana cara copy rumus di excel dengan cepat? simak uraian dan beberapa triknya berikut ini.

Bagaimana Copy Rumus di Excel dengan Cepat?

Sebagian orang yang belum terlalu mengenal excel umumnya akan melakukan copy rumus di excel dengan cara copy paste biasa atau bahkan menuliskannya satu per satu. Tentu ini akan makan banyak waktu, apalagi jika data yang dikerjakan jumlahnya ribuan.

Sebenarnya ada beberapa trik sederhana yang biasa dilakukan untuk mempermudah copy rumus di excel agar lebih cepat dan menghindari kesalahan ketik. Trik sederhana itu diantaranya adalah:

Copy rumus excel dengan drag down

cara copy rumus di excel dengan drag down
Cara copy rumus di excel dengan drag down

Cara ini termasuk yang sudah umum dilakukan dan tentunya sangat membantu mempercepat pengkopian rumus. Langkahnya sangat sederhana:

  • Buat rumus di satu sel.
  • Arahkan kursor ke kanan bawah kotak sel tersebut hingga muncul tanda +.
  • Drag tanda ini sesuai baris atau kolom yang diinginkan, maka rumus akan tercopy lebih cepat.

Sangat mudah bukan?, namun cara ini punya kelemahan. Jika rumus tadi ingin dicopy dalam jumlah besar, 1000 sel misalnya, tentu akan makan banyak waktu mendrag down 1000 sel.

Trik cepat copy rumus di excel menggunakan (Ctrl + Enter)

Ketika ingin mengcopy sebuah rumus ke dalam beberapa sel dalam barisan atau kolom, apa yang Anda lakukan?. Umumnya kita akan copy rumus tersebut dan mempastekannya ke sel atau kumpulan sel yang dijadikan tujuan satu per satu bukan.

Itu cara lama, dengan menggunakan trik sederhana berikut kita dapat mempercepat operasi itu. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama blok area yang akan dijadikan tempat dari rumus yang akan dibuat (bisa berupa baris atau kolom sel).
  • Klik = untuk mulai memasukkan rumus (pada tahap ini hanya ada satu sel yang akan terisi rumus dari area range yang diblok, yaitu sel pertama).
  • Setelah itu, klik Ctrl + Enter maka seluruh area yang di blok tadi akan berisi rumus yang sama persis (atau sesuai dengan referensi selnya) dengan yang dibuat di sel pertama tadi. Trik yang sangat mudah dan membantu bukan.

Copy rumus di excel agar tidak berubah menggunakan referensi sel

Copy rumus excel dengan referensi sel ini bukan untuk mempercepat proses copy rumus excel, namun untuk mengkondisikan sel yang ikut tercopy dalam rumus agar tetap benar dan sesuai dengan yang diinginkan. Cara ini juga sering disebut copy rumus dengan tanda dollar “$”.

Terdapat dua kata kunci pada cara ini, referensi absolut dan referensi relatif, penjelasannya seperti berikut:

  • Referensi sel absolut (dengan tanda $): dengan adanya tanda $ maka sel referensi akan tetap bernilai sama meskipun di copy ke sel lain. Efeknya pada rumus, nilai sel itu tidak akan berubah dan bernilai tetap atau konstanta.
  • Referensi sel relatif (tanpa tanda $): sel yang di awalnya tidak diberi tanda $ akan bersifat relatif terhadap hasil kopinya, jadi akan berubah sesuai tempat dimana ia dikopikan.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang referensi sel ini silahkan baca artikel: Fungsi tanda dollar excel.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.