Cara Copy Paste Data Excel Tanpa Hidden Cell

Copy paste data di excel merupakan pengetahuan dasar yang harusnya dikuasai oleh setiap pengguna excel. Namun, pernahkah Anda dibuat kesal karena harus meng-copy sebuah data di sheet excel namun hasil pastenya muncul nilai lain yang tidak diinginkan. Biasanya ini karena ada baris atau kolom yang ter-hidden dan ikut ter-copy. Jika Anda belum tahu cara copy paste data excel tanpa hidden cell seperti ini, silahkan teruskan membaca artikel ini.

Untuk data baris dan kolom yang cukup banyak, biasanya hanya diperlukan beberapa bagian data saja yang perlu di-copy. Contohnya data siswa pada gambar dibawah, alih-alih menghapus baris data yang tidak diperlukan, meng-hidden adalah cara yang lebih mudah tanpa perlu menghapus baris atau kolom datanya. Masalahnya, ketika ingin di copy, data ter-hidden tadi akan ikut muncul.

copy paste data excel tanpa hidden cell

Bagaimana Cara Copy Paste Data Excel Tanpa Hidden Cell?

Cara mengatasi hidden data yang ikut ter-copy ini sebenernya mudah saja, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka file excel seperti biasa, kemudian hide baris data yang tidak ingin di copy, atau jika data sudah ter-hidden, biarkan saja.
  2. Blok data yang ingin di copy, lalu klik Ctrl + G, akan muncul dialog box Go to special, pilih tombol special kemudian centang bagian Visible Cells Only.
  3. Lanjutkan dengan Copy data atau gunakan Ctrl + C, kemudian paste kan di cell yang diinginkan dengan Ctrl + V.

Sangat simpel bukan? Namun biasanya untuk data yang banyak, dibutuhkan teknik copy lainnya. Baca juga: Cara Copy Paste Banyak Data Excel denga Cepat.

copy paste excel tanpa hidden cell

Lalu Bagaimana dengan Data yang Sudah Difilter?

Masalah lainnya yang juga kadang muncul adalah bagaimana cara copy paste data excel tanpa hidden cell untuk data yang sudah difilter. Sebetulnya cara pertama tadi bisa digunakan juga untuk data yang sudah difilter ini. Namun ada trik lain juga yang bisa digunakan selain cara diatas. Berikut tahapan triknya:

  1. Untuk data yang sudah difilter, tambahkan sembarang huruf di kolom pertama di bawah baris terakhir, misalkan tuliskan huruf X.
  2. Klik filter name pada kolom pertama dan hilangkan centang pada huruf X tadi.
  3. Proses selanjutnya mirip dengan proses sebelumnya yaitu sembunyikan file yang tidak ingin di-copy.
  4. Blok  seluruh baris kolom yang ingin di-copy, kemudian klik Ctrl + C, maka baris dan kolom yang terlihat saja yang akan ter-copy ditandai dengan garis putus-putus yang berkedip. Sementara baris dan kolom yang ter-hidden tidak akan ikut ter-copy.
  5. Pastekan data tadi ke cell yang diinginkan.

Cukup mudah bukan trik copy paste tanpa hidden cell ini. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *