Contoh Fungsi VLOOKUP Dua Kriteria

Fungsi VLOOKUP merupakan fungsi yang sangat membantu pencarian data dalam sebuah range data vertikal. Tidak hanya digunakan untuk pencarian satu jenis kriteria saja, penggunaannya bahkan bisa lebih dari satu kriteria. Cara seperti itu biasa disebut juga sebagai fungsi VLOOKUP dua kriteria atau lebih.

Pada tulisan sebelumnya tentang contoh sederhana fungsi VLOOKUP, diketahui tabel nilai siswa berdasarkan nama dan mata pelajarannya. Di tulisan ini data tersebut akan digunakan kembali untuk menjelaskan fungsi VLOOKUP dua kriteria ini agar lebih mudah dipahami.

Untuk membuat fungsi pencarian vertikal dua kriteria fungsi VLOOKUP saja belum cukup, dibutuhkan fungsi lain sebagai pelengkap, yaitu fungsi MATCH. Fungsi ini akan digunakan untuk mencari dan menentukan urutan nilai kriteria lainnya yang akan digunakan dalam fungsi VLOOKUP dua kriteria dalam contoh disini untuk mencari urutan kolom mata pelajaran.

Rumus umum fungsi MATCH:

Penjelasan:

  • Lookup value: nilai yang akan dicari pada sebuah range data yang ditentukan.
  • Lookup array: merupakan range data yang akan dilakukan pencarian.
  • [Match type]: merupakan nilai spesifik yang digunakan untuk menentukan¬† bagaimana pencarian dilakukan. Nilainya bisa berupa (-1, 1 atau 0).

Lalu bagaimana penggunaan fungsi ini untuk pencarian data vertikal dua kriteria? perhatikan contohnya berikut ini.

Contoh Fungsi VLOOKUP Dua Kriteria

Pada tulisan contoh sederhana fungsi VLOOKUP sebelumnya terdapat tabel data nilai siswa yang dibedakan berdasarkan nama dan mata pelajaran yang diujikan. Pada contoh ini data tersebut akan digunakan lagi untuk mencari nilai siswa berdasarkan mata pelajarannya. Dengan fungsi VLOOKUP dua kriteria, pencarian nilai siswa akan lebih mudah karena hanya tinggal mengubah kriteria nama dan pelajaran yang diujikan.

Misalnya seorang guru ingin mencari nilai ujian biologi muridnya yang bernama Hana, maka guru ini hanya tinggal merubah kriteria nama menjadi Hana dan kriteria pelajaran menjadi biologi maka dengan gabungan dua fungsi tadi nilainya akan ditemukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Contoh fungsi vlookup dua kriteria
Contoh fungsi vlookup dua kriteria

Keterangan:

  • A19: menunjukkan nilai kriteria nama siswa (Hana).
  • A5:F14: menunjukkan range data nilai siswa berdasarkan namanya.
  • MATCH(B18;A4:F4;0): merupakan rumus pencarian nilai urutan tabel dari pelajaran biologi (B18) pada urutan kolom A4 sampai F4
  • FALSE: pernyataan yang menunjukkan hasil pencarian harus sama dengan kriteria yang dicari.

Dengan begitu untuk mengetahui nilai siswa berdasarkan mata pelajarannya hanya perlu merubah kriteria pada sel A19 untuk nama siswa dan B18 untuk mata pelajaran. Cukup mudah bukan, silahkan Anda coba sendiri ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *