Cara Import Data dari Excel ke R Studio

Input data merupakan tahapan penting dalam mengolah dan menganalisis data, begitu juga dengan program R. Namun, data sederhana biasanya lebih umum dituliskan pada program excel. Hal ini karena excel lebih familiar digunakan dan diinstal di banyak komputer. Nah, bagaimana jika data yang dibuat di excel kemudian ingin digunakan di program R. Berikut kami buatkan langkah – langkah panduan cara import data dari excel ke R Studio.

Seperti pada tulisan pemrograman R sebelumnya, kita ketahui bahwa program analisis data dan juga sekaligus sebuah bahasa pemrograman yang di sebut R ini selain open source ternyata juga kompatibel dengan program – program statistik yang lain seperti SPSS, Matlab, dan juga Excel. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan data yang sudah dibuat di program tadi untuk dibuka dan dianalisis di R.

Bagaimana Cara Import Data Excel ke R Studio ?

Pada panduan ini kita menggunakan R Studio versi 3.3.2 di sistem operasi windows 8.1. Untuk R Studionya Anda bisa donwload di situs resmi R Studio pada bagian RStudio desktop open source license. Untuk import  data excel ke R Studio ini ada dua tipe file excel yang akan kita bahas. Tipe CSV dan XLSX karena merupakan data yang paling umum digunakan di excel.

1. Import Data CSV ke R Studio dengan Sintak

Secara umum data jenis ini sebenarnya bukan hanya digunakan pada excel saja, tapi juga digunakan pada OpenOffice dan LibreOffice. Data jenis CSV ini bahkan juga bisa di edit pada text editor seperti notepad. Berdasarkan namanya saja CSV atau Comma-Separated Values, sudah bisa tergambar bahwa data ini menggunakan koma sebagai pemisah antar data. Selain itu bisa juga digunakan tanda semikolon (;) untuk jadi pemisah antar data dalam baris datanya.  Meskipun begitu, data berbentuk tabulasi ini biasanya lebih efektif menggunakan tab dibanding koma, karena untuk data yang didalamnya terdapat nilai koma (,) maka akan membuat masalah di data tipe ini. Itulah mengapa lebih digunakan tab dibanding koma.

Contohnya tedapat data tinggi badan siswa dalam bentuk plain text seperti berikut:

Nama;Tinggi Badan
Amar;165
Budi;170
Cindi;150
Dede;160
Eva;155
Fatma;158
Gandi;175
Hadi;180

Bisa kita lihat data ini terdiri dari baris nama yang diikuti data tinggi yang dipisahkan oleh semikolon, tiap baris mewakili baris data dan baris pertama merupakan header datanya. Nah, bagaimana memindahkan data ini ke excel? berikut tutorialnya:

  • Siapkan data dengan nama datatinggi.csv dan isikan data seperti di atas.
  • Simpan data itu di direktori E:/ atau disesuaikan.
  • Untuk mengimport data CSV ke excel, buka program R Studio dan gunakan sintak berikut
  • Kemudian gunakan sintak di bawah ini untuk memunculkan datanya
  • Maka akan didapat tampilan data seperti berikut

cara import data dari excel ke R Studio

2. Import Data XSLX ke R Studio  dengan Sintak

Tipe file yang satu ini sudah sangat umum digunakan, kerena merupakan tipe file default mulai dari excel 2007 hingga sekarang. Untuk cara importnya hampir sama dengan langkah-langkah pada file CSV sebelumnya hanya perintahnya dirubah seperti berikut;

Kemudian munculkan data tinggi tadi dengan perintah berikut

Maka akan muncul data yang sama seperti data CSV sebelumnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan video.

3. Import Data dari Excel ke R Studio Menggunakan Import Dataset

Cara lain yang lebih mudah untuk import data excel ini dengan menggunakan fungsi import dataset yang terdapat pada program R Studio. Dengan cara ini, hanya dengan klik klik saja kita sudah bisa import data dari excel tanpa ribet menuliskan sintaknya. Namun, ini hanya mempermudah tanpa menghilangkan esensi penggunaan konsol perintah R.

Caranya seperti berikut:

  • Buka R Studio -> Environtment -> Import dataset
  • Setelah muncul drop down listnya pilih data jenis apa yang ingin di import (terdapat pilihan import dari CSV, Excel, SPSS, SAS dan Stata)
  • Biasanya jika belum disetting, R Studio akan meminta mengunduh library yang dibutuhkan. Untuk itu sebaiknya hubungkan degan internet agar lebih mudah download library dari Repository R.
  • Setelah muncul jendela import data, pilih di direktori mana file yang ingin dibuka disimpan, lalu klik open maka data akan muncul di jendela preview data, ada beberapa opsi untuk mengedit datanya, setelah itu tekan import
  • Data sudah sudah sukses diimport ke R Studio.

Untuk lebih jelasnya silahkan buka video tutorialnya di bawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *