Beberapa Fungsi Database Excel yang Sering Digunakan

Dalam program Excel terdapat banyak fungsi yang sangat membantu dalam mengolah data, salah satunya adalah fungsi database. Fungsi ini didesain untuk pengolahan data yang berhubungan dengan database. Biasanya untuk data yang cukup banyak dengan keriteria data yang beragam, misalnya data penjualan sebuah perusahaan.

Fungsi databese excel sebenarnya hanya menjalankan perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, atau perkalian dll. Namun, ciri utama fungsi database ini adalah penggunaan kriteria tertentu yang akan membuat kita bisa menghitung hanya sebagian kecil data dari keseluruhan data yang ada, sementara data lain yang tidak perlu tidak ikut dihitung.

Beberapa fungsi database excel yang sering digunakan dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Silahkan klik pada judul fungsinya untuk melihat penjelasan dan contoh penggunaan masing fungsinya.

List Fungsi Database Excel

Fungsi Deskripsi
DAVERAGE Menghitung rata-rata dari sebuah nilai dalam field dari sebuah database berdasarkan kriteria tertentu.
DCOUNT Menghitung jumlah sel yang mengandung nilai-nilai tertentu yang terletak pada suatu field dalam sebuah database yang sesuai dengan kriteria.
DCOUNTA Menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam suatu field di database yang memenuhi kriteria tertentu.
DMAX Menghitung nilai tertinggi dari kumpulan nilai yang terletak pada suatu field dalam database yang disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan.
DMIN Menghitung nilai minumum dari kumpulan nilai pada field dalam database berdasarkan kriteria tertentu.
DGET Mencari sebuah nilai dalam suatu field di database yang memenuhi kriteria tertentu.
DPRODUCT Menghitung jumlah dari nilai yang terdapat pada field di database yang memenuhi kriteria tertentu
DSTDEV Menghitung nilai standar deviasiĀ  (berdasarkan sampel dari sebuah populasi) dari sebuah field pada database yang memenuhi kiriteria tertentu.
DSTDEVP Sama dengan DSTDEV namun standar deviasinya berdasarkan pada keseluruhan populasi.
DSUM Menghitung jumlah dari beberapa nilai dalam sebuah field di database yang memenuhi kriteria tertentu.
DVAR Menghitung nilai variansiĀ  (Berdasarkan sampel dari populasi) sebuah field dalam database yang memenuhi kriteria yang diinginkan
DVARP Sama dengan DVAR namun variansinya berdasarkan keseluruhan populasi dalam field di database, tentunya denganĀ  kriteria tertentu juga.

Bila kita perhatikan semua fungsi database excel ini diawali dengan huruf D, ini mewakili kata database. Awalan D ini akan memudahkan kita juga sewaktu mengetikkannya dalam sel. Tinggal ketik = sebagai awal fungsi kemudian ketik huruf D maka akan muncul drop down menu yang yang berawalan D, tinggal pilih saja fungsi database yang kita inginkan, meskipun akan muncul juga beberapa fungsi berawalan D yang bukan fungsi database.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *