Cara Membuat Progress Bar Excel dengan Mudah

Progress bar sangat membatu dalam menampilkan nilai data di Excel secara deskriptif. Informasi yang disampaikan akan lebih mudah di tangkap dan terlihat rapih, contohnya seperti pada presentase progress pekerjaan atau presentase penjualan barang. Cara membuat progress bar Excel sebenarnya cukup mudah namun sebagian pengguna Excel umumnya belum mengerti bagaimana cara membuatnya, karena itu saya buatkan tutorial ini.

Progress bar bisa dibuat dengan bantuan grafik, meskipun memang opsi ini tidak ada di pengaturan grafik standar jadi kita harus mengubah sedikit settingnya. Cara lainnya untuk membuat progress bar adalah dengan bantuan conditional formatting. Cara ini lebih sering digunakan untuk menampilkan progress bar di dalam satu sel.

Berikut ini saya buatkan tutorial langkah-langkah membuat progress bar Excel (semua contoh tutorial ini dicoba pada excel 2013):

Membuat progress bar di Excel dengan grafik

Dengan bantuan grafik excel 2D kita dapat membuat progress bar sederhana nan cantik. Mari kita perhatikan contoh tutorial progress bar penjualan pulsa kios sejahtera berikut ini:

Diketahui sebuah kios memiliki empat item produk yang ingin dilihat progress penjualannya dan ingin ditampilkan dalam progress bar presentasenya. Contoh jadinya seperti gambar berikut ini.

cara membuat progress bar di excel dengan grafik sederhana

Langkah-langkahnya:

1. Pilih tabel data yang akan dibuatkan grafik, blok seluruh sel pada tabel progress penjualan pulsa kemudian pilih grafik 2D pada tab Insert → Insert Bar Chart → Clustered Bar pilih bagian 2D seperti gambar berikut ini.

insert progress bar di grafik clustered bar

2. Maka akan muncul grafik Clustered Bar dengan dua data yaitu progress penjualan dengan warna maroon dan target dengan warna biru. Selanjutnya pilih grafik target dengan warna biru, klik kanan dan pilih Format Data Series. Tujuannya, kita akan membuat grafik target ini menjadi tanpa warna dan hanya muncul garis tepinya saja, ini bertujuan agar grafik akan tampil rapih setelah digabungkan dengan grafik progress penjualan.

setting grafik format data series

3. Selanjutnya pada bagian Format Data Series pilih Series Option dan perhatikan bagian Fill & Line. Pada bagian Fill pilih No Fill dan pada bagian Border pilih Solid line dan sesuaikan warna pada Color. Warna dibuat sama dengan grafik progress yaitu maroon agar grafik terlihat lebih rapih.

pengaturan grafik progress bar di excel

4. Tahap selanjutnya adalah menambahkan angka presentase pada grafik. Caranya dengan menambahkan data label. Caranya pilih grafik (klik pada sembarang area grafik agar grafik terpilih seluruhnya dan bukan hanya pada satu bagian saja). Kemudian klik tab DesignAdd Chart ElementData LabelsInside Base. Maka akan muncul setiap nilai mulai dari penjualan, target dan persentase.

menampilkan presentase pada progress bar excel

5. Setelah seluruh data label muncul, hapus label target dan progress penjualan sehingga hanya tersisa label persentase. Caranya dengan klik pada label sehingga label terpilih lalu kemudian klik delete.

tampilan persentase progress bar excel

6. Tahap selanjutnya (menurut saya ini bagian paling penting) adalah menggabungkan tiga poin grafik tadi menjadi satu bagian grafik. Caranya dengan membuat overlaping grafik, pertama pilih grafik target yang berupa garis tanpa warna, kemudian klik kanan pilih Format Data Series. Pada Series Options centang bagian Primary Axis kemudian geser Series Overlap ke angka 100%. Maka akan kita dapati progress bar dengan bentuk seperti ini.

tampilan persentase yang belum dirapihkan

7. Pada bagian terakhir ini kita hanya perlu memoles grafik progress bar excel ini supaya lebih rapih. Caranya ubah warna label persentase menjadi warna putih agar lebih kontras. Kemudian ubah Chart Title dan ubah juga label bagian Axis targetnya nya menjadi 1000 agar terlihat rapih. Hasil akhir progress barnya seperti berikut ini.

tampilan final progress bar excel yang sudah rapih

Membuat progress bar dengan conditional formating

Cara lain membuat progress bar adalah memanfaatkan fungsi conditional formating. Dalam tutorial ini saya akan membuat progress bar excel langsung pada masing-masing sel. Datanya masih menggunakan data target penjualan pulsa tadi.

Baca juga: Cara membuat histogram di Excel.

Langkah-langkahnya seperti berikut:

1. Pertama pilih atau blok seluruh sel yang akan dibuatkan progress barnya (pada contoh ini yang akan dibuatkan progress bar adalah kolom penjualan. Setelah terpilih, kemudian klik tab HomeConditional FormatingData Bars.

conditional formating untuk membuat progress bar

2. Setelah klik More Rules maka akan muncul kotak New Formating Rules, pilih bagian Format cell based on their values. Kemudian edit minimum dan maksimum valuenya menjadi 1 dan 1000. Pada Bar appearance ubah Fill menjadi Solid Fill dan pilih warna pada Color kemudian klik OK.

setting opsi formating rule

3. Setelah jadi maka tampilan progress bar Excel dengan conditional formating bentuknya seperti berikut ini.

grafik progress bar excel dengan conditional formating

Demikian tutorial ini semoga bermanfaat dan silahkan di coba di komputer atau laptop Anda agar lebih mahir, untuk pertanyaan bisa disampaikan lewat komentar di bawah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.